Oleh: rkp | 18 Desember, 2008

Musyawarah itu ada syaratnya…

Ternyata musyawarah yang bener itu ada 3 syaratnya:
1. Jangan jubun, keras kepala, maksakan pendapat, neugtreug
2. Jangan bakhil, kikir, free rider, cuma ambil manfaat tapi tak mau berbagi ide
3. Jangan serakah, terlalu ambisius

Selain itu kalau musyawarah ingin sukses siapkan hati yang lembut agar siap untuk adu argumentasi bukannya maksakan argumentasi dan jangan lupa untuk saling memaafkan kalau saat musyawarah terlontar hal-hal yang kurang berkenan.
Musyawarah sering kali tidak sukses karena ada pihak yang jubun, tidak peduli dengan argumentasi pihak lain meskipun secara objektif diakui itulah argumentasi terbaik. Sebenarnya jubun, bakhil dan serakah itu cerminan sikap suuzhan kepada Allah, terlalu pede akan argumentasinya sendiri (Allah dianggap lebih rendah dari dirinya).
Bisakah kita berharap para anggota legislatif itu tidak jubun, kikir ataupun serakah sehingga setiap musyawarah yang dilakukan di dewan menghasilkan produk dengan argumentasi terbaik untuk kesejahteraan rakyat? atau musyawarah yang selalu gagal karena sifat jubun, kikir dan serakah hingga urusan pornografi saja berlarut-larut, urusan prosentase tuk jadi capres saja nggak beres-beres, dst. Menyedihkan sekali memang nasib bangsa ini. Terlalu banyak sikap jubun, kikir dan serakah ditunjukkan pimpinan negeri kita. 😦


Tanggapan

  1. lidah ini bisa keliru dan sampaikan lah dirimu kepada ujung-ujung tombak dan matilah sebenar-benarnya mati di jalan ALLAH SWT,kesusahan hari ini untuk agama adalah kesenangan yang tiada tara di hari esok .

  2. syarat untuk bermusyawarah,kita duduk dalam satu majlis membicarakan tentang kebesaran ALLAH SWT.

  3. ALLAH se huwa he,ALLAH se hoga,izzat zillate,maute hayate bimar sihati.kamiyabi he,ALLAH kahat me he

  4. FscmxdgCftxzs


Tinggalkan komentar

Kategori